Jalan Sunan Muria III RKB Gedung D
Halal Center Berita LABEL HALAL DAN KUALITAS SEMPURNA

LABEL HALAL DAN KUALITAS SEMPURNA

GEMA-Makin maraknya masyarakat yang ‘melek’ akan kehalalan suatu produk, tentu disadari pengusaha. Hal ini dibarengi dengan makin banyaknya laboratorium halal yang diinisiasi beberapa perguruan tinggi. Untuk memberi informasi terkait hal tersebut, lembaga Halal dan Thoyyib Center (HTC) mengadakan seminar Pengembangan Produk Halal, Rabu (31/10).
Acara di Auditorium Saintek Lt. 4 ini menyasar pengusaha UMKM Malang Raya. Ketua HTC Begum Fauziyah menyatakan, pihaknya ingin memberi wawasan bagi yang sudah ataupun sedang mengembangkan produk halal.
Biasanya, lanjut Begum, para pengusaha apalagi yang pemula merasa kesulitan dalam pengurusan sertifikasi halal. Tak sedikit pula yang terhambat karena hal ini. “HTC yang merupakan rintisan akademisi di UIN Malang siap menjadi jembatan untuk label halal suatu produk,” papar wanita berkacamata ini.
Upaya konkrit HTC untuk membantu UMKM, lanjut Begum, ialah mendaftar dan mengelompokkan jenis produk yang dibina. Selain itu, HTC membantu mereka untuk menyiapkan dokumen yang dibutuhkan untu pengajuan sertifikasi halal. HTC juga memberi pendampingan pengajuan PIRT merk dagang dan sertifikasinya. “Kami sudah bekerjasama dengan Dinas Koperasi Jawa Timur untuk melakukan upaya ini semua,” imbuh Ibu dua orang putra ini.
Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. M. Zainuddin menjelaskan betapa pentingnya produk halal saat ini. Besarnya jumlah muslim di Indonesia juga menjadi salah satu faktornya. “Karenanya, peran lembaga penjamin produk halal sangat diharapkan,” imbuhnya.
Tugas pengusaha tak berhenti jika label halal sudah didapatkan. Selanjutnya, kualitas produk tentu butuh dipertahankan. Pengembangan manajemen suatu usaha pun perlu ditingkatkan. “Sehingga suatu usaha akan mendapat nilai trust dari masyarakat,” ujarnya mengawali acara.
sumber : https://uin-malang.ac.id/r/181001/label-halal-dan-kualitas-sempurna.html

Sharing is caring

Related Post

Pelatihan JulehaPelatihan Juleha

Pelatihan juru sembelih halal dan uji kompetensi semarang, 16-19 Juni 2022 diikuti oleh pengurus Halal Center UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Juleha adalah ujung tombak atas penentu kehalalan dan penghasil