Jalan Sunan Muria III RKB Gedung D
Halal Center Berita Lembaga Pemeriksa Halal UIN Malang Siapkan Laboratorium Berstandar ISO

Lembaga Pemeriksa Halal UIN Malang Siapkan Laboratorium Berstandar ISO

Banyaknya pelaku usaha yang belim memiliki sertifikat halal membuat Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang (UIN Malang) membantu Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dalam mendampingi pelaku UMKM untuk memproses sertifikasi kehalalan produk.
Turut berpartisipasi menjamin kehalalan produk di Indonesia, UIN Malang membentuk Lembaga Pemeriksa Halal (LPH). Badan di bawah naungan Unit Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Malang ini bertugas melakukan uji kehalalan produk yang terdaftar pada BPJPH.

Menyongsong akreditasi, LPH UIN Malang memiliki sejumlah PR (Pekerjaan Rumah). Ketua Halal and Thoyyib Center (HTC), Begum Fauziyah MFarm optimis sebagian besar persyaratan sudah dilengkapi.

“Tinggal akreditasi laboratorium,” ujarnya.

Menurutnya, persyaratan yang diminta Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) sudah hampir terpenuhi. Di antaranya ialah, pertama, kantor. LPH dan HTC telah memiliki kantor yang berada di Gedung Perpustakaan Lantai 2.

Kedua, auditor. Hingga saat ini LPH memiliki empat auditor yang telah dilatih oleh BPJPH Kementerian Agama sebagai pemilik wewenang penerbitan sertifikasi halal di Indonesia.

“Persyaratan dari BPJPH harus punya tiga auditor, UIN Malang sudah punya empat. Semua sudah dilatih,” jelasnya.
anya saja, Begum menyatakan pihaknya masih ingin menambah tim auditor. Pasalnya, keempat auditor yang ada belum melingkupi semua bidang keilmuan. Para auditor yang bernaung di LPH UIN Malang berasal dari Jurusan Farmasi, Biologi, dan Kimia.

“Kami sedang mengupayakan dari keilmuan hewan dan pangan. Sehingga, nantinya semua produk bisa kami dampingi dalam proses sertifikasi halal,” jelas ibu dua orang putra ini.

Selanjutnya, HTC UIN Malang ingin agar nantinya laboratorium yang dimiliki segera berstandar ISO 17025 sesuai permintaan BPJPH.

“Semua peralatan komplit, tinggal proses akreditasinya. Semoga bisa kami segerakan,” pungkas wanita asal Jombang tersebut.

sumber : https://www.malangtimes.com/baca/42249/20190730/184400/lembaga-pemeriksa-halal-uin-malang-siapkan-laboratorium-berstandar-iso

Sharing is caring

Related Post