Jalan Sunan Muria III RKB Gedung D
Halal Center Berita RISET HALAL JADI FOKUS UTAMA KAMPUS

RISET HALAL JADI FOKUS UTAMA KAMPUS

GEMA-Saat menghadiri Diseminasi Pengembangan Kelembagaan: Lembaga Pemeriksa Halal di Ruang Pertemuan Gedung Rektorat Lt. 3, Dr. M. Zainuddin menjabarkan riset unggulan yang diutamakan UIN Maulana Malik Ibrahim, Senin (5/8). Riset yang berkaitan dengan kehalalan termasuk dalam empat macam riset yang dijabarkan wakil rektor bidang akademik tersebut.
Menurutnya, riset tentang kehalalan produk merupakan bagian dari riset interdisipliner juga integrasi. “Karena masih termasuk dalam keempat kebijakan penelitian di kampus, maka pasti akan diutamakan,” tuturnya. Kebijakan ini, merujuk pada peraturan Diktis untuk menggiatkan kegiatan penelitian di universitas-universitas di lingkungan Kementerian Agama.
Keempat riset unggulan UIN Malang yang dipaparkan Dr. Zainuddin ialah, pertama riset pengembangan ma’had. Karena keberadaan Pusat Ma’had al Jami’ah merupakan salah satu program utama kampus, maka segala hal yang berkaitan untuk mengembangkannya akan sangat didukung.
Kedua, lanjutnya, ialah riset pengembangan bahasa asing. Pasalnya, selain ma’had, program bilingual intensif di UIN Malang selama dua tahun pertama menjadi perhatian. Ketiga ialah riset pengembangan hafalan al Quran dan keempat yakni riset pengembangan integrasi keilmuan dan interdisipliner.
Dalam forum yang sama, pihak LPH menghadirkan narasumber utama dari Universiti Putra Malaysia, Assoc. Prof. Dr. Nangkula Utaberta. Ia merupakan ketua Institut Penyelidikan Produk Halal yang merupakan sejenis LPH di kampus tersebut. Tampak pula Wakil Rektor Bidang Kerjasama Dr. Uril Bahruddin membuka forum pada pagi hari itu. (nd)

sumber

Sharing is caring

Related Post