Jalan Sunan Muria III RKB Gedung D
Halal Center Berita,Informasi Publik Pemaparan Program Kerja Halal Center UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2024

Pemaparan Program Kerja Halal Center UIN Maulana Malik Ibrahim Malang Tahun 2024

Kamis (15 Agustus 2024), kepala pusat Halal Center (HC) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Ibu Eny Yulianti, M.Si., menyampaikan program kerja Halal Center pada acara workshop penyusunan pedoman Penelitian, PKM, KKM, dan SOP yang diselenggarakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Salah satu program kerja utama dari Halal Center adalah pelayanan pendampingan proses pengajuan sertifikasi halal, baik melalui jalur self declare maupun jalur reguler. Total layanan sertifikasi halal yang telah dilakukan oleh tim HC UIN Malang dalam kurun waktu bulan Januari–Juli 2024 mencapai 12.646. Halal Center UIN Malang juga aktif dalam melaksanakan pelatihan untuk pendamping Proses Produk Halal (PPH), penyelia halal dan semoga dalam waktu dekat bisa menyelenggarakan pelatihan untuk auditor halal.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja dan memperluas jangkauan pelayanan sertifikasi halal, maka dilakukan penguatan kerjasama dan sosialisasi tentang kegiatan dan layanan yang ada di Halal Center UIN Malang melalui berbagai media sosial. Halal Center UIN Malang juga memiliki target program kerja pembukaan  cabang-cabang Halal Center di seluruh Indonesia, sehingga yang menerima manfaat pelayanan Halal Center UIN Malang, tidak hanya di area Jawa Timur. Halal Center akan melakukan kerjasama dan kolaborasi dengan Pusat Penelitian dan Pengabdian LP2M, sehingga bisa melahirkan output riset dan penelitian tentang halal. “Kami juga mengundang para dosen untuk menulis artikel dengan topik terkait halal dan thoyyib di website Halal Center UIN Malang, yang diharapkan dalam jangka panjang dapat menjadi cikal bakal terbentuknya jurnal dengan tema khusus tentang halal” ujar Ibu Eny Yulianti, M.Si.

Kepala pusat Halal Center juga menekankan akan pentingnya civitas kampus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang memahami dan mengimplementasikan pentingnya halal dan thayyib khususnya pada makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari. Dalam hal ini, Halal Center UIN Malang terus mendorong agar kantin-kantin yang berada di kampus UIN Malang bersertifikasi halal dengan terus melakukan sosialisasi dan pendampingan. Agar tujuan ini tercapai, tentunya membutuhkan dukungan dari berbagai pihak, termasuk kebijakan di tingkat universitas.

Sharing is caring

Related Post