Jalan Sunan Muria III RKB Gedung D
Halal Center Berita Studi Banding dari Halal Center Universitas Trunojoyo Madura

Studi Banding dari Halal Center Universitas Trunojoyo Madura

Pada hari Senin (13 Agustus 2024), Halal Center (HC) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mendapat kunjungan Studi Banding dari Halal Center Universitas Trunojoyo Madura. Kunjungan ini disambut baik oleh ketua HC UIN Malang, Ibu Eny Yulianti, M.Si., dan diharapkan memperkuat sinergi dan Kerjasama antara HC UIN Malang dan Universitas Trunojoyo Madura. Ketua HC Universitas Trunojoyo Madura, Hammam, Lc., M.Sy., menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan penguatan Lembaga Pelatihan JPH dan Lembaga Pemeriksa Halal di lingkungan Universitas Trunojoyo Madura.

Pada kunjungan tersebut dilakukan sharing terkait prosedur pelaksanaan pelatihan penyelia. Pelatihan penyelia ini sangat penting, karena saat ini jumlah penyelia yang berkompeten/bersertifikat masih sangat sedikit jika disbanding dengan jumlah UMKM yang ada di Indonesia, ujar Ibu Nurunnayiroh, M.Si., dari Divisi Pendamping PPH dan Penyelia Halal, Halal Center UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Untuk dapat melaksanakan pelatihan penyelia, terdapat beberapa dokumen yang harus dilengkapi oleh Lembaga Halal Center sesuai dengan yang tertera di aplikasi Sihalal. Salah satu syarat yang harus dipenuhi adalah memiliki narasumber yang bersertifikat profesi yang dikeluarkan oleh BNSP.

Ketua Lembaga Pemeriksa Halal (LPH) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Ibu Prilya Dewi Fitriasari, M.Sc., dan manager mutu LPH UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Bapak Moh. Taufiq, S.Si., juga hadir dalam kegiatan ini. Saat ini, LPH UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sudah mendampingi sekitar 200 lebih pelaku usaha delam pengajuan sertifikat halal jalur reguler, dan yang sudah terbit sertifikatnya sekitar 150. Saat ini LPH UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sedang menunggu hasil reakreditasi dari predikat pratama ke utama, agar jangkauan layanan dari LPH UIN Malang semakin luas.

Tindak lanjut dari agenda ini diharapkan Halal Center Universitas Trunojoyo Madura dapat menyelenggarakan pelatihan penyelia halal dalam waktu dekat, ujar Hammam, Lc., M.Sy. Selain itu juga mempersiapkan LPH Universitas Trunojoyo Madura untuk mengikuti jejak LPH UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menuju akreditasi utama. Dari pertemuan ini diharapkan terjalin sinergi yang kuat antara Halal Center UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dan Halal Center Universitas Trunojoyo Madura.

 

Sharing is caring

Related Post